Asmaul Husna (Khasiat, Fadhilah dan Keutamaan dalam Dzikir)

Asmaul Husna (Khasiat, Fadhilah dan Keutamaan dalam Dzikir) - Asmaul Husna Artinya 99 nama-nama Allah yang Agung dan Mulia, dengan demikian jika kita berdzikir dengan mengucapkan dan menyebut 99 Asmaul Husna tersebut kita akan mendapatkan khasiat, Fadhilah dan keutamaan luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT.


Allah SWT berfirman dalam Al Quran dan memerintahkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk mengucapkan / berdzikir dengan menyebut nama Allah (Asmaul Husna) seperti berikut dibawah ini :
"Katakanlah ( olehmu Wahai Muhammad ) : serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai Al-Asmaa'ul Husna ( nama-nama yang terbaik )..."( Q.S Al-Israa' : 110 )

Khasiat, Fadhilah dan Keutamaan Asmaul Husna dalam Dzikir

  1. الله ( Ya Allah ) : Apabila berdzikir dengan menyebut nama Allah sebanyak 500 kali setiap malam, apalagi setelah melakukan salah sunat 2 rakaat atau tahajud, memiliki pengaruh yang besar untuk mencapai segala sesuatu yang diniatkan.
  2. الرحمن ( Ya Rahman ) : Apabila kita mengucapkan Ya Rahman sebanyak 100 kali setiap selesai mengerjakan shalat wajib yang 5 waktu. Maka dengan izin Allah kita akan memiliki ingatan yang kuat, sehingga kita mempunyai pengetahuan yang luas serta terhindar dari hati yang keras. Wallahu'alam
  3. الرحيم ( Ya Rahim ) : Siapa saja yang membaca Ya Rahim 100 kali setelah melaksanakan shalat Shubuh, dengan izin Allah, setiap orang akan bersahabat dengan baik terhadapnya. Dan apabila dibaca 7x maka dirinya akan berada dalam naungan Allah SWT. Serta jika dibaca 100 kali setiap selesai melaksanakan salat wajib, maka Allah akan mengasihinya. Wallahu'alam
  4. الملك ( Ya Malik ) : Dengan memperbanyak dzikir dengan menyebut nama Yaa Maalik, maka dengan izin Allah kita akan deiberi kekuatan, kebesaran dan kekuasaan serta kepemilikan terhadap segala sesuatu. Sehingga orang-orang memperlakukan kita dengan hormat. Wallahu'alam
  5. القدوس ( Ya Qudduus ) : Jika dibaca 100 kali setiap hari, dengan izin Allah maka barangsiapa yang membacanya akan terbebas dari persaan resah dan gundah yang ada dihatinya. Sehingga mempunyai kejernihan hati yang sempurna. Wallahu'alam
  6. السلام ( Ya Salam ) : Jika Yaa Salaam dibaca untuk orang yang sakit sebanyak 160 kali, maka dengan izin Allah orang sakit tersebut akan segera disembuhkan dari penyakit yang dideritanya. Dan juga akan mendatangkan cinta serta keselamatan dan keamanan dari segala macam bencana bagi siapa saja yang sering membacanya. Wallahu'alam
  7. المؤمن ( Ya Mu'min ) : Siapa saja yang sering membaca Yaa Mu'miin, dengan izin Allah akan terbebas dari segala macam gangguan yang mingkin menghadangnya. Wallahu'alam
  8. المهيمن ( Ya Muhaimin ) : Siapa saja yang membaca Yaa Muhaimin dalam keadaan suci ( memiliki wudhu/suci dari hadas kecil ), dengan seizin Allah batinnya akan memancarkan cahaya. Dan siapa saja yang membaca-Nya sebanyak 125 kali, Insya Allah hatinya akan menjadi jernih sehingga ia akan mudah menemukan rahasia dan hakikat pada setiap kejadian.
  9. العزيز ( Ya 'Aziz ) : Barang siapa yang membaca dan mengamalkan Yaa 'Aziiz setiap selesai melaksanakan shalat Shubuh selama 40 hari secara berturutp-turut, dengan izin Allah dirinya tidak akan bergantung kepada orang lain. Dan siapa saja yang mengucapkannya sebanyak 94 kali setiap harinya setelah terbiynya Fajar, maka Insya Allah akan dianugerahi kewibawaan.
  10. الجبار ( Ya Jabbar ) : Siapa saja yang sering membaca Yaa Jabbaar, dengan izin Allah, dirinya tidak akan dipaksa oleh siapapun untuk melakukan perbuatan yang tidak diinginkannya. Sehingga terlindung dari kekerasan,kekejian, serta kekejaman.
  11. المتكبر ( Ya Mutakabbir ) : Orang tua yang sering malafalkan Yaa Mutakabbir, maka dengan izin Allah akan diberikan keturunan yang Shaleh.
  12. الخالق ( Ya Khaliq ) : Barang siapa yang sering membaca Yaa Khaliq pada malam hari, Insya Allah, Allah akan menugaskan satu Malaikat untuk malakukan amal kebaikan untuk orang tersebut. Pada hari Hisab, pahala amal kebaikan sang Malaikat akan diberikan kepada orang itu.
  13. البارئ ( Ya Baari' ) : Perbanyaklah membaca Yaa Baari' untuk menambah amal kebaikan kita.
  14. المصور ( Ya Mushawwir ) : jika seorang Ibu ingin dikaruniai anak yang shaleh, hendaknya Ibu itu berpuasa selama tujuh hari, dan pada setiap hari ketika akan berbuka puasa, Ibu tersebut membaca Ya Mushawwir sebanyak 21 kali. Kemudian meniupkannya kedalam segelas air yang akan ia gunakan untuk berbuka Puasa. Maka dengan izin Allah akan dikarunia anak Shaleh
  15. الغفار ( Ya Ghaffaar ) : Siapa saja yang mengamalkan Yaa Ghaffaar secara berulang-ulang, dengan izin Allah dosa dan kesalahannya akan segera dihapuskan.
  16. القهار ( Ya Qahhar ) : Siapa saja yang membaca Ya Qahhar secara berulang-ulang, dengan izin Allah akan mendapatkan beberapa kelebihan. Jiwanya dan menaklukan hawa nafsu, hatinya tidak cenderung pada dunia dan batinnya akan merasa tenang. 
  17. الوهاب ( Ya Wahhab ) : Barang siapa yang membaca Yaa Wahhab setelah berdoa sebanyak 7 kali, maka insya Allah do'anya terkabul. Dan jika dibaca 100 kali setelah shalat malam dalam keadaan suci selama 3 hari, maka ketika kekurangan materi atau sedang membutuhkan sesuatu maka Allah SWT akan mencukupi kebutuhannya tersebut.
  18. الرزاق ( Ya Razzaaq ) : Siapa saja yang sering melafalkan Yaa Razzaaq, dengan izin Allah pintu rezekinya akan dilapangkan.
  19. الفتاح ( Ya Fattaah ) : Siapa saja yang ingin hatinya dibuka serta memperoleh kemenangan, maka perbanyaklah membaca Yaa Fattaah. Setelah selesai menunaikan shalat Shubuh, bacalah sebanyak 7 kali kemudian letakan tangan diatas dada, maka kegelapan di dalam hati akan segera sirna. Jika dibaca rutin akan mempermudah dalam melakukan pekerjaan.
  20. العليم ( Ya 'Aliim ) : Siapa saja yang sering membaca Yaa 'Aliim, hatinya akan cemerlang dan mampu menyigkapkan cahaya Ilahi. Bacaan ini memiliki guna dan manfaat yang besar dalam mendapatkan ilmu dan menampakan hal-hal yang tersembunyi. membaca-Nya sebanyak 10 kali setiap selesai memunaikan Shalat, Insya Allah akan membuka hal-hal Ghaib.
  21. القابض ( Ya Qaabidhu ) : Siapa saja yang menuliskan Yaa Qaabidh diatas 50 makanan seperti buah, roti dan sebagainya, selama 40 hari, maka dengan izin Allah, dirinya tidak akan kelaparan, bahkan akan diberikan dan mendapatkan limpahan rezeki.
  22. الباسط ( Ya Baashitu ) : Siapa saja yang membaca Yaa Baashith 10 kali di waktu Fajar, setelah Shalat Shubuh dengan tangan terbuka ( telapak tangan menghadap ke atas ) kemudian mengusapkan tangannya kewajah, maka dengan izin Allah tidak akan bergantung kepada orang lain dan akan memperoleh kekayaan.
  23. الخافض ( Ya Khaafidh ) : Jika seseorang Puasa selama 3 hari, kemudian pada hari keempat membaca Yaa Khaafidh sebanyak 70 ribu kali, maka dengan izin Allah akan terbebas dari kejahatan musuh.
  24. الرافع ( Ya Raafi' ) : Jika seseorang membaca Yaa Raafi' setiap hari sebanyak 100 kali siang atau malam, maka Allah akan memuliakan orang tersebut serta diberikan kebaikan dan kekayaan.
  25. المعز ( Ya Mu'izz ) : Jika Yaa Mu'izz dibaca sebanyak 140 kali setiap malam senin dan Jum'at setelah Shalat Isya, maka hamba Allah akan menjadikan orang tersebut terhormat dimata orang lain. dan akan mempunyai rasa takut terhadap siapapun kecuali kepada Allah SWT.
  26. المذل ( Ya Mudzil ) : Siapa saja yang melafalkan Yaa Mudzil sebanyak 70 kali, Insya Allah akan dibebaskan dari gangguan orang yang iri kepadanya, dan dari orang yang ingin berusaha untuk mencelakainya.
  27. السميع ( Ya Samii' ) : Siapa saja yang membaca Yaa Samii' sebanyak 100 kali, setelah Shalat Dzuhur pada hari Kamis, tanpa berbicara kepada siapapun Insya Allah keinginannya akal dikabulkan oleh Allah SWT.
  28. البصير ( Ya Bashiir ) : Siapa saja yang mengamalkan Yaa Bashiir diantara Shalat jum'at dan Shalat Sunah setelahnya, maka Allah akan meninggikan derajatnya dimata orang lain.
  29. الحكم ( Yaa Hakam ) : Siapa saja yang membaca Yaa Hakam secara berulang-ulang pada malam hari, dengan izin Allah hal atau sesuatau yang tersembunyi akan dinampakan.
  30. العدل ( Ya 'Adl ) : Jika seseorang menuliskan Yaa 'Adl pada makanan dan kemudian memakannya, maka dengan izin Allah, orang lain akan mengikuti ucapan orang tersebut.
  31. اللطيف ( Ya Lathiif  ) : Jika seseorang mengamalkan dan membacanya secara berturut-turut setiap hari, maka Insya Allah akan didekatkan pada hasil, dihilangkan semua rasa sakit, dan semua kesulitan. 
  32. الخبير ( Ya Khabiir ) : Dengan membaca Yaa Khabiir secara berulang-ulang orang mempunyai kebiasaan buruk, Insya Allah akan dihilangkan kebiasaan buruk itu oleh Allah SWT.
  33. الحليم ( Ya Haliim ) : Untuk meredakan kemarahan dan mengetahui hal yang Ghaib, maka dianjurka untuk membaca Yaa Haliim setiap hari sebanyak 100 kali.
  34. العظيم ( Ya 'Azhiim ) : Anda akan dihormati oleh lain, jika sering membaca Yaa 'Azhiim.
  35. الغفور ( Ya Ghafuur ) : Seseorang yang mempunyai penyakit was-was dan ketika terserang penyakit demam, dengan membaca Ya Ghafuur, maka penyakitnya tersebut akan segera dihilangkan dan disembuhkan.
  36. الشكور ( Ya Syakuur ) : Siapa saja yang sedang bersedih kemudian membaca Yaa Syakuur sebanyak 41 kali lalu meniupkannya kedalam segelas air dan membasuh wajahnya, maka dengan izin Allah, orang tersebut akan dicukupi kebutuhannya.
  37. العلى ( Ya 'Aliy ) : Siapa saja yang sedang turun imannya, kemudian membaca Yaa 'Aliy secara berulang-ulang, maka insya Allah imannya akan meningkat serta peruntungannya membaik.
  38. الكبير ( Ya Kabiir ) : Siapa saja yang membaca Yaa Kabiir setiap hari sebanyak 100 kali maka akan diberikan penghormatan.
  39. الحفيظ ( Ya Hafiizh ) : Siapa saja yang membaca stiap hari Yaa Hafiizh sebanyak 16 kali, insya Allah akan terlindung dari segala musibah. Dan apabila dibaca sebanyak 998 kali, kemudia pergi ke tepat berbahaya, Insya Allah akan dijauhkan dari segala macam bahaya.
  40. المقيت ( Ya Muqiit ) : Seseorang yang mempunyai anak dengan perangai buruk, hendaknya membaca Yaa Muqiith secara berulang-ulangdan meniupkan ke dalam segelas air lalu meminumkannya ke anak tersebut, maka dengan seizin Allah anak tersebut akan berperangai baik.
  41. الحسيب ( Ya Hasiib ) : Baca Yaa Hasiib sebanyak 70 kali, Insya Allah akan dihindarkan dari rasa takut dirampok, diganggu dan sebagainya.
  42. الجليل ( Ya Jaliil ) : Untuk meambah pahala dan amal kebaikan perbanyaklah membaca Yaa Jaliil.
  43. الكريم (Ya Kariim) : Orang yang selalu mengamalkan dan membaca Yaa Kariim, dengan izin Allah akan diberi kemuliaan di dunia dan Akhirat.
  44. الرقيب ( Ya Raqiib ) : Siapa saja yang membaca Yaa Raqiib sebanyak 7 kali untuk dirinya, keluarga dan kekayaannya, dengan izin Allah semuanya itu akan ada dibawah perlindungan Allah.
  45. المجيب ( Ya Mujiib ) : Ketika hendak berdo'a, dengan disertai penyebutan Yaa Mujiib maka Insya Allah akan dikabulkan.
  46. الواسع ( Ya Waasi' ) : Siapa saja yang mendapatkan nafkah kemudian membaca Yaa Waasi' maka dengan izin Allah akan mendapatkan sumber nafkah yang layak.
  47. الحكيم ( Ya Hakiim ) : Orang yang biasa membaca Yaa Hakiim setiap hari, dengan izin Allah tidak akan mendapatkan kesulitan dalam pekerjaannya.
  48. الودود ( Ya Waduud ) : Dengan membaca Yaa Waduud sebanyak 1000 kali kemudian ditiupkan ke makanan atau minuman dan diberikan untuk dimakan oleh orang yang sedang bersengketa, maka dengan izin Allah, persengketaan tersebut akan selesai.
  49. المجيد (Ya Majiid) : Seseorang akan diberikan kemuliaan oleh Allah SWT jika sering membaca Yaa Majiid.
  50. الباعث ( Ya Baa'its ) : Seseorang yang membaca Yaa Baa'its secara berkali-kali, akan didatangkan rasa takut kepada Allah SWT.
  51. الشهيد ( Ya Syahiid ) : Orang tua yang memiliki anak yang nakal dianjurrkan membaca Yaa Syahiid, dengan izin Allah anak tersebut menjadi Shaleh.
  52. الحق ( Ya Haqq ) : Untuk orang yang kehilangan suatu barang atau apapun itu, dengan membaca Yaa Haqq secara berulang-ulang, dengan izin Allah Akan barang yang hilang itu akan segera ditemukan.
  53. الوكيل ( Ya Wakiil ) : Seseorang yang mempunyai ketakutan terhadap keburukan yang kan menimpanya, maka membaca Yaa Wakiil secara berulang-ulang Isya Allah akan selalu dalam perlindungan Allah SWT.
  54. القوى ( Ya Qawiyy ) : Siapa saja yang mempunyai musuh yang sangat kuat, sehinnga tidak mampu mengalahkannya, maka hendaknya mengucapkan Yaa Qawiyy secara berulang dengan tujuan agar tidak dizalimi, maka dengan izin Allah akan dibebaskan dari musuhnya tersebut.
  55. المتين ( Ya Matiin ) : Ketika mengalami kesulitan, hendaknya membaca Yaa Matiin, Insya Allah kesulitannya itu akan cepat hilang.
  56. الولى ( Ya Waliyy ) : Barang siapa yang sedang tertimpa musibah, dengan membaca Yaa Waliyy secara berulang, Insya Allah musibah tersebut akan segera berlalu.
  57. الحميد ( Ya Hamiid ) : Orang yang suka membaca Yaa Hamiid Insya Allah akan dicintai dan dihormati oleh otang lain.
  58. المحيى ( Ya Muhshiy ) : Bacalah Ya Muhshiyy setiap hari insya Allah di hari Pengadilan akhirat nanti akan bisa menjawab semua pertanyaan.
  59. المبدئ ( Ya Mubdiu ) : Bacalah Yaa Mubdiu secara berulang-ulang dan tiupkan keperut wanita yang sedang hamil, Insya Allah tidak akan mengalami hal yang tidak diinginkan seperti keguguran.
  60. المعيد ( Ya Mu'iid ) : Bacalah Yaa Mu'iid sebanyak 7 kali, Insya Allah keluaga yang jauh akan pulang kembali dengan selamat.
  61. المحيى ( Ya Muhyiy ) : Orang yang setiap hari membaca Yaa Muhyiy sebanyak 7 kali, Insya Allah segala beban berat dalam hidupnya akan segera hilang.
  62. المميت ( Ya Mumiit ) : Bacalah Yaa Mumiit secara berulang untuk mematahkan kekuatan musuh. Wallahu'alam.
  63. الحي ( Ya Hayyu ) : Seseorang yang rutin membaca Yaa Hayyu setiap hari setelah selesai Shalat sebanyak 18 kali, Insya Allah akan terhindar dari kematian mendadak dan rezekinya diperluas.
  64. القيوم ( Yaa Qayyuum ) : Perbanyaklah membaca Ya Qayyuum, Insya Allah akan terhindar dari segala kekurangan.
  65. الواجد ( Ya Waajid ) : Perbanyaklah membaca Yaa Waajid, Insya Allah akan dijadikan sebagai oarang yang pemurah.
  66. الماجد ( Ya Maajid ) : Perbanyaklah membaca Yaa Maajid, Insya Allah hatinya akan tercerahkan.
  67. الواحد ( Yaa Waahid ) : Orang yang membaca Yaa Waahid secara berulang kali dalam keadaan sendiri dan tenang, Insya Allah akan terhindar dari rasa was-was dan angan-angan.
  68. الاحد ( Ya Ahad ) : Dengan membaca Yaa Ahad sebanyak 100 kali, Insya Allah sejumlah rahasia akan terungkap.
  69. الصمد ( Yaa Shamad ) : Dengan membaca Yaa Shamad secara berulang kali Insya Allah akan di penuhi semua kebutuhannya.
  70. القادر ( Ya Qaadir ) : Seseorang yang sering memmbaca Yaa Qaadir Insya Allah hasrat dan keinginannya akan terkabul.
  71.  المقتدر ( Ya Muqtadir ) : Dengan memperbanyak membaca Yaa Muqtadir, Insya Allah akan dinerikan pengetahuan tentang kebenaran.
  72. المقدم ( Ya Muqaddim ) : Dengan membaca Yaa Muqaddim ditempat yang menakutkan dan meyeramkan, Insya Allah akan dihindarkan dari segala gangguan.
  73. المؤخر ( Ya Muakkhir ) : Dengan membaca Yaa Muakkhir setiap hari di dalam hati sebanyak 100 kali, Insya Allah hatinya akan dipenuhi kecintaan terhadap Allah SWT.
  74. الأول ( Ya Awwal ) : Seorang yang ingin dikaruniai seorang anak yang Shaleh, hendaknya membaca Yaa Awwal sebanyak 1000 kali selama 4 Jum'at. Wallahu'alam.
  75. الأخر ( Ya Akhir ) : Dengan sering membaca Yaa Akhir, Insya Allah hidup dan di akhir hayatnya akan baik.
  76. الظاهر ( Ya Zhaahir ) :  Dengan membaca Yaa Zhaahir sebanyak 15 kali setiap selesai Shalat Jum'at, Insya Allah cahaya Ilahi akan masuk kedalam hatinya.
  77. الباطن ( Ya  Baathin ) : Bacalah Yaa Baathin setiap hari sebanyak 3 kali, Insya Allah akan melihat kebenaran dalam berbagai hal.
  78. الوالي ( Yaa Waaliyy ) : Dengan membaca Yaa Waaliyy secara berulang kali, lalu meniupkan kerumahnya, Insya Allah rumahnya akan terjaga dari bahaya.
  79. المتعالي ( Ya Muta'Aalii ) : Dengan memperbanyak membaca Yaa Muta'Aalii, Insya Allah akan diberi banyak kebaikan.
  80. البر ( Ya Barr ) : Orang tua yang membaca Yaa Barr untuk anaknya, Insya Allah anaknya tersebut akan terhindar dari kemalangan.
  81. التواب ( Ya tawwaab ) : Dengan membaca Yaa Tawwaab secara berulang kali Insya Allah akan diterima tobatnya.
  82. المنتقم ( Ya Muntaqim ) : Jika berhadapan dengan musuh, dengan membaca Yaa Muntaqim secara berulang Insya Allah akan diberi kemenangan.
  83. العفو ( Ya 'Afuww ) : Dengan memperbanyak membaca Yaa 'Afuww, Insya Allah akan diampuni semua dosanya.
  84. الرؤوف ( Ya Rauuf ) : Dengan membaca Yaa Rauuf secara berulang kali, Insya Allah akan mendapatkan keberkahan.
  85. مالك الملك ( Ya Malikul Mulki ) : Dengan memperbanyak membaca Yaa Malikul Mulki, Insya Allah akan mendapatkan martabat dan harga diri dimata manusia.
  86. ذو الجلال و الإكرام ( Ya Dzul Jalaa Li Wal Ikraam ) : Dengan rajin membaca Yaa Dzul Jalaa Li Wal Ikram, Insya Allah akan diberi Kekayaan. Wallahu'alam.
  87. المقسط ( Ya Muqsith ) : Perbanyaklah membaca Ya Muqsith, Insya Allah akan terhindar dari gangguan Syetan.
  88. الجامع ( Ya Jaami' ) : Untuk mempermudah dalam pencarian barang yang hilang, dengan membaca Yaa Jaami' secara berulang kali, Insya Allah barang tersebut akan segera ditemukan.
  89. الغنى ( Ya Ghaniyy ) : Dengan banyak membaca Yaa Ghaniyy, Insya Allah hatinya akan merasa cukup dan terhindar dari sifat serakah.
  90. المغنى ( Ya Mughnii ) : Siapa saja yang membaca Yaa Mughnii 10 kali selama 10 Jum'at, Insya Allah segala kebutuhannya akan tercukupi.
  91. المانع ( Ya Maani' ) : Dengan rajin membaca Yaa Maani' Insya Allah seseorang yang berumah tangga akan mendapatkan ketentraman hidup dalam rumah tangganya.
  92. الضار ( Ya Dhaarr ) : Dengan rajin membaca Yaa Dhaarr setiap malam Jum'at, Insya Allah kedudukan dan derajatnya akan ditinggikan.
  93. النافع ( Ya Naafi' ) : Dengan membaca Yaa Naafi' 4 hari brturut-turut, Insya Allah akan terhindar dari banyak gangguan.
  94. النور ( Yaa Nuur ) : Perbanyaklah membaca Yaa Nuur, Insya Allah akan mendapatkan cahaya karunia Batiniyah.
  95. الهادئ ( Ya Haadiy ) : Dengan memperbanyak membaca Yaa Haadiy, Isya Allah akan memiliki pengetahuan spiritual dan makrifat atau pengetahuan mengenai Allah SWT.
  96. البديع ( Ya Badii' ) : Seseorang yang membaca Yaa Badii'assamawaati Wal Ardh sebanyak 70 kali, Insya Allah segala kesulitan yang menimpa akan segala berakhir.
  97. الباقي ( Ya Baaqii ) : Apabila membaca Yaa Baaqii sebanyak 100 kali sebelum Matahari terbit, Insya Allah akan terbebas dari bencana dalam hidupnya, dan di Akhirat nanti.
  98. الوارث ( Ya Waarits ) : Perbanyaklah membaca Yaa Waarits, Insya Allah umurnya akan dipanjangkan.
  99. الرشيد ( Ya Rasyiid ) : Bacalah Yaa Rasyiid diantara waktu Shakat Maghrib dan Isya sebanyak 100 kali, Insya Allah segala persoalan akan cepat terselesaikan.
  100. الصبور ( Ya Shabuur ) : Bacalah Yaa Shabuur sebanyak 1000 kali, Insya Allah, Allah akan memberikan ilham berupa kesabaran terhadap segala kesusahandan bencana yang menimpanya.

Semoga dengan berdizikir mengucapkan nama-nama Allah (Asmaul Husna) yang indah dan Agung ini kita mendapatkan Khasiat, Fadhilah dan Keutamannya. Dan semoga kita selalu ada dalam perlindungan Allah SWT dan dihindarkan dari segala perkara yang buruk. aamiin!

Inch

Inch, a unit of length commonly used in the US, UK, and Canada, is defined as 1/12th of a foot or 2.54 centimeters. The term "inch" is believed to have originated from the Latin word "uncia" meaning "one-twelfth," as it was historically defined as the width of an adult thumb. Today, the inch is widely used in various fields, including construction, engineering, and manufacturing.

Inches are often used to measure small distances, while their conversion to the metric system (cm) makes them more universally applicable. At inchesincm.com, we provide a simple and accurate way to convert inches to cm and vice versa. Our user-friendly tools and guides make it easy for everyone to use the inch unit effectively, no matter their industry or background.

In summary, the inch is a widely used unit of length that has evolved over time and continues to play an important role in modern society. At inchesincm.com, we strive to provide the best tools and resources to help you easily convert inches to cm and use this important unit to your advantage.

Centimeter

A centimeter is a metric unit of length that is equal to one-hundredth of a meter or 0.3937 inches. It is commonly used in the fields of science, engineering, and medicine, as well as in everyday life.

The term "centimeter" is derived from the Latin word "centum," meaning "one hundred," and "meter," which refers to the base unit of length in the metric system. The centimeter is used in many countries around the world as the standard unit of length.

At inchesincm.com, we provide a simple and accurate way to convert inches to cm and vice versa. Our tools and guides make it easy for everyone to use the centimeter unit effectively, no matter their industry or background.

In summary, the centimeter is a widely used metric unit of length that plays a crucial role in various fields. At inchesincm.com, we strive to provide the best tools and resources to help you easily convert inches to cm and make the most of this important unit.