Pengertian Yaumul Mahsyar, Penjelasan dan Dalil

Pengertian Yaumul Mahsyar adalah ?
Yaumul Mahsyar adalah ?
Penjelasan Yaumul Mahsyar !
Definisi Yaumul Mahsyar !
Yaumul Mahsyar Artinya ?


Ilustrasi keadaan di Yaumul Mahsyar

I. Pengertian Yaumul Mahsyar

Yaumul Mahsyar adalah hari dikumpulkannya semua umat manusia setelah dibangkitkan dari kubur pada hari kiamat untuk menunggu pengadilan yang adil dari Allah SWT. Semua umat manusia akan dibangkitkan dari kubur kemudian akan dikumpulkan di sebuah tempat yang sangat luas, yaitu "Padang Mahsyar". Semua manusia tanpa kecuali akan dikumpulkan untuk menjalani pengadilan Allah, sehingga setiap manusia akan mempertanggungjawabkan masing-masing amal perbuatan selama hidup di dunia. Dalam Al Quran hari kiamat disebutkan  ada 31 nama yaitu :

1. Yaumul Qiyamah (hari kiamat) 
2. Yaumud Din (hari pembalasan) 
3. Yaumul Fath (hari kemenangan) 
4. Yaumut Thalaq (hari perpisahan) 
5. Yaumul Jam’i (hari berhimpun) 
6. Yaumul Khulud (hari kekekalan) 
7. Yaumul Khuruj (hari keluar) 
8. Yaumul Hasyr ( hari penyesalan). 
9. Yaumul Fashl (hari pemisahan) 
10.Yaumut Taghabun (hari ditampakkan semua kesalahan )
11. Dan lain sebagainya.

II. Penjelasan Keadaan  di Yaumul Mahsyar

Kondisi Yaumul Mahsyar khususnya keadaan di Padang Mahsyar, manusia tergantung dari amal perbuatan yang dikerjakan selama hidup di dunia,semua orang sibuk dengan urusannya masing-masing, tidak lagi peduli dengan orang lain, meskipun orang tua terhadap anak  atau sebaliknya. Tidak ada lagi yang namanya tolong-menolong, untuk hanya sekedar saling sapa pun tidak bisa walau dengan sanak saudara atau keluarga dekat sekalipun.

Di Padang Mahsyar Matahari diterbitkan oleh Allah, tepat di atas kepala dengan jarak hanya 2 busur, sehingga manusia ter-panggang oleh panas teriknya Matahari yang panasnya telah dinaikkan dan keringat pun mengalir deras, menggenangi padang mahsyar seiring dengan rasa takut yang luar biasa karena mereka akan dihadirkan dihadapan Allah. Bagi orang yang beriman, beramal sholeh serta banyak mengerjakan kebaikan akan dilindungi dari terik sengatan sinar matahari. Kemudian keringat tersebut naik ke badan mereka, sesuai dengan tingkatan mereka dihadapan Allah. Bagi sebagian orang keringat akan menggenangi mencapai lutut, bagi sebagian lain mencapai pinggang dan bagi sebagian lainnya mencapai lubang hidung bahkan ada sebagian manusia nyaris tenggelam di dalamnya.

Bagi orang-orang yang beriman akan diberikan syafaat oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu ;
  1. Dipercepat pembicaraan dan dipermudah memasuki Surga,
  2. Ditambah timbangan pahalanya supaya lebih berat daripada dosa,
  3. Dimasukkan ke Surga tanpa hisab.

7 golongan yang akan mendapat syafa'at dari Nabi Muhammad SAW di Yaumul Mahsyar :

1. Remaja yang hatinya tertambat di dalam masjid
2. Pemimpin yang adil
3. Orang yang ikhlas dalam sedekah
4. Dua manusia yang saling mencintai, bertemu, dan berpisah karena Allah
5. Seseorang yang menggunakan masa mudanya (remaja) untuk beribadah pada Allah
6. Muslim yang bangun ditengah malam, berdoa sampai meneteskan air mata
7. Seorang laki-laki yang ketika diajak berzina dia berkata "Sesungguhnya aku takut pada Allah" .

III.  Dalil Tentang Yaumul Mahsyar

Dalam Al Quran banyak sekali Firman Allah yang meyebutkan tentang Yaumul Mahsyar ini yang diantaranya :
Surat Al Ma'arij ayat 43 dan 44 :

يَوْمَ يَخْرُجُونَ مِنَ الْأَجْدَاثِ سِرَاعاً كَأَنَّهُمْ إِلَى نُصُبٍ يُوفِضُونَ 
Artinya :
"(yaitu) pada hari mereka keluar dari kubur dengan cepat seakan-akan mereka pergi dengan segera kepada berhala-berhala (sewaktu di dunia)"(Q.S Al Ma'arij : 43)
Maksud dari ayat diatas adalah bahwa mereka akan dipanggil oleh Malaikat :  "Wahai manusia, kalian semua harus keluar dari kubur kalian, dan berkumpul (di suatu tempat)". Mereka akan digiring oleh Malaikat ke suatu tempat dan akan memenuhi tempat tersebut yang dinamakan dengan Padang Mahsyar.


خَاشِعَةً أَبْصَارُهُمْ تَرْهَقُهُمْ ذِلَّةٌ ذَلِكَ الْيَوْمُ الَّذِي كَانُوا يُوعَدُونَ 
Artinya:
"Dalam keadaan mereka menundukkan pandangannya (serta) diliputi kehinaan. Itulah hari yang dahulunya diancamkan kepada mereka."(Q.S Al Ma'arij : 44)

Dalam Hadits Riwayat Al Imaam Al Bukhary no: 893, dari Sahabat Ibnu Umar r.a bahwasannya Rasulullah SAW Sabda  :

وَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَمَسْؤُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
Artinya:
"Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang kepemimpinannya"

Semoga kita termasuk kedalam 7 golongan yang akan diberi Syafa'at oleh Rasulullah SAW di Yaumul Mahsyar kelak. Aamiin !

Inch

Inch, a unit of length commonly used in the US, UK, and Canada, is defined as 1/12th of a foot or 2.54 centimeters. The term "inch" is believed to have originated from the Latin word "uncia" meaning "one-twelfth," as it was historically defined as the width of an adult thumb. Today, the inch is widely used in various fields, including construction, engineering, and manufacturing.

Inches are often used to measure small distances, while their conversion to the metric system (cm) makes them more universally applicable. At inchesincm.com, we provide a simple and accurate way to convert inches to cm and vice versa. Our user-friendly tools and guides make it easy for everyone to use the inch unit effectively, no matter their industry or background.

In summary, the inch is a widely used unit of length that has evolved over time and continues to play an important role in modern society. At inchesincm.com, we strive to provide the best tools and resources to help you easily convert inches to cm and use this important unit to your advantage.

Centimeter

A centimeter is a metric unit of length that is equal to one-hundredth of a meter or 0.3937 inches. It is commonly used in the fields of science, engineering, and medicine, as well as in everyday life.

The term "centimeter" is derived from the Latin word "centum," meaning "one hundred," and "meter," which refers to the base unit of length in the metric system. The centimeter is used in many countries around the world as the standard unit of length.

At inchesincm.com, we provide a simple and accurate way to convert inches to cm and vice versa. Our tools and guides make it easy for everyone to use the centimeter unit effectively, no matter their industry or background.

In summary, the centimeter is a widely used metric unit of length that plays a crucial role in various fields. At inchesincm.com, we strive to provide the best tools and resources to help you easily convert inches to cm and make the most of this important unit.